Rahasia Membuat Cover eBook yang Memikat dan GRATIS

Ketika Anda akan menulis naskah dan diterbitkan dalam bentuk ebook, maka hal yang sangat penting seperti halnya buku adalah Disain Cover/Sampul. Disain cover yang menarik akan memikat calon pembeli untuk segera membeli ebook Anda. Bagaimana cara membuat cover ebook yang menarik dan  mirip seperti buku?

Untuk membuat cover ebook Anda bisa mengunjungi website www.ebooktemplatesource.com. Di situs ini Anda bisa mendownload template cover gratis. Dan berikut tutorial membuat sampul ebook :

1. Klik link berikut kemudian download salah satu

template yang tersedia pada halaman ini.

2. setelah mendownload template, kita mulai membuat

cover ebook dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Jalankan program Adobe PhotoShop  dan buka template

yang sudah didownload, sebagai contoh adalah file

‘cover01_blank.psd’ yang ada didalam file’cover01.zip’.

dengan template kosong ini Anda bisa mulai mendesain

cover sesuai yang diinginkan. Sebagai contoh hasil

disain cover Anda di template yang kosong tadi adalah

seperti ini.

Setelah cukup puas dengan disain yang Anda buat, save hasil kerja dengan cara mengklik FileèSave. Kemudian lakukan Flatten Layer (Cover 2D) dengan mengklik Layer èFlatten Image.

pic taken from ebooktemplatesource.com

pic taken from ebooktemplatesource.com

3. Langkah selanjutnya adalah mentransfer cover 2D ke dalam template 3D. Dimulai dengan menekan CTRL+A pada keyboard atau klik SelectèAll. Sekarang copy cover ebook Anda dengan menekan CTRL+C atau klik EditèCopy.

pic taken from ebooktemplatesource.com

pic taken from ebooktemplatesource.com

4. Setelah itu buka file ‘cover01.psd’ yang berada di file’cover01.zip’  yang telah telah didownload sebelumnya.

5. Pilih layer indicate visibility pada”page” yang ada pada bagian kanan bawah dari gambar. Paste cover 2D dengan menekan CTRL+V pada keyboard. Gerkan cover 2D dengan”Move tool” sesuaikan bagian pojok cover 2d dengan cover 3D. untuk ketepatan dan mempermudah langkah berikutnya ubah ‘opacity’ menjadi 80%.

pic taken from ebooktemplatesource.com

6. Zoom cover yang sudah tergabung antara 2D dan 3D dengan ‘Zoom Tool’ atau tekan ‘Z’ pada keyboard. Setelah dizoom klik EditèTransformèDistort.

pic taken from ebooktemplatesource.com

7. Klik dan drag bagian pojok cover 2D dan sesuaikan dengan

cover 3D. Tekan ‘Enter’ bila Anda sudah cukup puas

dengan hasil penyesuaian cover 2D terhadap cover 3D.

pic taken from ebooktemplatesource.com

pic taken from ebooktemplatesource.com

8. Kembalikan ‘opacity’ menjadi 100%.

pic taken from ebooktemplatesource.com

pic taken from ebooktemplatesource.com

9. Kini Anda telah berhasil membuat cover ebook.
Untuk meng-crop cover, pilih ‘Crop Tool’ atau tekan ‘C’ pada keyboard. Klik dan drag sesuai dengan gambar cover. Bila sudah cukup puas dengan hasilnya tekan’Enter’.
Untuk mengubah ukuran image, klik image, Untuk Menyimpan image, Save for Web, kemudiAn klik OK.
Hasil cover ebook Anda seperti di bawah ini,

pic taken from ebooktemplatesource.com

pic taken from ebooktemplatesource.com

Artikel ini juga diposting di: http://www.TokoeBook.com

About these ads

22 Tanggapan

  1. salam kenal…

  2. Indah, salam kenal juga.

  3. Lam kenal mas, ada soft yang lebih praktis nih. mungkin bisa membantu. Namanya Quick3DCover. cek aja di menu Download. :)

  4. Salam kenal juga Mas Popo, Terima kasih infonya. Memang banyak software eCover. Mudah-mudahan suatu saat nanti saya bisa posting tutorial2nya di blog ini.

  5. [...] adalah mencerminkan dari ebook itu sendiri. Untuk membuat cover ebook ini bisa dilihat tutorialnya disini, disini atau [...]

  6. Ada yang lebih gampang lg ngga’ ?
    Maksdnya dengan menggunakan Software khusus pembuat ebook

  7. Sebenarnya tidak ada yang sulit bila kita mau mencoba. Kalo ada yang baru akan saya tulis disini. balik lagi ya!

  8. makasih tipsnya ya mas…..jangan lupa kunjungi blogku ibnusyahreza.wordpress.com ada kontesnya low…

  9. Blog Anda sudah saya kunjungi. Nice Blog.

  10. mNtap nih sharingnya, terimakasih ya untuk buat cover ebooknya

  11. Terimakasih kembali

  12. keren oi tutorialnya…
    saya juga sedang membuat usaha jasa pembuatan design cover di covermaker.co.cc. tutornya sangat berguna buat saya.
    terima kasih

  13. terimah kasih atas infonya,ini sangat membantu kami.

  14. makasih yooo…… good info neh..

  15. apik mas, iso tak coba, biar jadi bisa bua cover ebook.

  16. Wah makasih ya mas atas infonya

  17. Mau Bikin Cover Ebook 3D yang Indah dan Profesional image HQ300DPi klik aja http://coverebook.wordpress.com

  18. terima kasih infonya… sangat bermanfaat.

  19. LUAR BIASA!!! Baru 1 hari saya beli produk ini, saya sudah dapat MENARIK UANG GRATIS DARI ATM!!! BENAR BENAR LUAR BIASA!!! RAHASIA BEBAS FINANSIAL. SILAKAN KUNJUNGI http://www.atm2121.blogspot.com

  20. terima kasih gan infonya

  21. Gan , NUMPANG PROMOSI DAN USUL YA…
    Mulai sekarang Photoshop Online sudah ada di situs jejaring sosial indonesia : http://Www.Qbuuk.tk ..
    Jadi Gak perlu Install Photoshop cape – cape…

  22. kalau ada saya requet softwarenya aja soalnya saya masih bingung cara menggunakan photoshop..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: