3 Alasan E-book akan Menggantikan Buku

E-book dan media online) adalah sebuah media informasi seperti halnya buku, koran, majalah, tabloid dan media–media yang lain. Berdasarkan pemikiran saya, suatu saat nanti media-media yang berupa fisik seperti buku dan yang lainnya akan hilang digilas oleh perkembangan jaman dan teknologi.

Kenapa demikian?

Ada beberapa hal yang melandasi tergilasnya buku, dan E-book/media online akan menjadi media informasi dan ilmu pengetahuan utama, yaitu :

  1. Media informasi dan ilmu pengetahuan (buku, koran, majalah dll, red)  yang menggunakan bahan baku kertas semakin lama semakin mahal. Dari pengalaman selama ini tidak pernah namanya buku, dll makin kesini makin murah. Yang ada makin mahal, pasti. Kenapa semakin mahal karena biaya produksi dan bahan baku yang semakin mahal. Dilihat dari bahan baku. Bahan baku kertas adalah kayu yang digunakan untuk bubur kertas (pulp). Harga kayu semakin mahal karena hutan (sebagai penghasil kayu) yang makin menyusut luasnya. Belum lagi setiap negara memberlakukan pengawasan yang ketat terhadap penebangan hutan. Bagaimana bila hutan tidak ada lagi atau setiap negara melarang menebang kayu dengan alasan global warming? Bakal semakin mahal tuh buku. Atau malah lebih parah lagi buku tidak bisa diproduksi lagi karena tidak ada bahan baku.
  2. Setiap orang dewasa ini dan di masa yang akan datang menginginkan sesuatu yang simple dan praktis. Kita bisa memerlukan lemari atau tempat yang luas untuk menyimpan koleksi buku-buku/media fisik. Selain itu membawa buku kemana-mana pastinya selain berat, ribet tentunya tidak praktis. Berbeda dengan e-book, ribuan e-book yang kita miliki paling hanya memerlukan media sebesar jari tangan saja, yaitu flash disk. Cukup dimasukkan ke saku dan tentunya sangat ringan, hanya beberapa gram saja. Selain flash disk, media penyimpan lain pastinya adalah PC atau laptop. Hemat tempat dan sangat praktis.
  3. Media-media offline kini berbondong-bondong meng-online-kan diri. Tanda-tanda e-boook/media online akan menjadi informasi utama bisa kita lihat, seluruh media besar di seluruh dunia kini telah mempunyai media online (ambil contoh untuk Indonesia, Kompas, Bisnis Indonesia dll). Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti perusahaan-perusahaan itu hanya akan menggunakan media online. Sebagaimana halnya dengan detik.com.

Jadi persiapkan diri untuk menghadapi dunia informasi secara online. Mari kita menuliskan ide dan pengetahuan dan dituangkan dalam bentuk e-book atau media online. Karena dengan demikian kita telah membantu menyelamatkan hutan dan bertindak secara nyata untuk mengurangi efek global warming.

5 thoughts on “3 Alasan E-book akan Menggantikan Buku

  1. wahyudi berkata:

    Thank’s Mas Riza! Mari kita masyarakatkan ebook. Caranya dengan menerbitkan naskah kita dalam bentuk ebook. Dengan semakin banyak naskah dalam bentuk ebook, masyarakat mempunyai banyak pilihan. Dan dengan sendirinya masyarakat akan beralih ke ebook. Efeknya lingkungan akan lebih lestari.
    Bila Anda mempunyai naskah, http://www.tokoebook.biz siap menerbitkan dan menjual naskah Anda dengan royalti hingga 50%.

  2. idenya cukup bagus, membuat ebook memang suatu kreatifitas, dan akan semakin baik jika setiap mahasiswa indonesia memiliki kemampuan menyalurkan ilmunya melalui ebook dan menyebarkannya melalui media online, mengingat harga buku-buku saat ini semakin mahal.
    Dengan ebook kita bisa mendapatkan ilmu secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang. dan dapat diakses siapa saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s