Stop Membaca Buku!!

Judulnya sangat provokatif bukan?? Tapi itu bukan ajakan untuk berhenti membaca lho! Membaca adalah wajib hukumnya bagi manusia untuk menambah ilmu, pengetahuan dan memperluas wawasan. Tapi kenapa kok harus “Stop Membaca Buku”? Bukankah buku adalah sumber ilmu pengetahuan? Betul!! Tapi buku bukanlah satu-satunya sumber ilmu, kan?

Yang saya maksud dengan buku di sini adalah buku dalam bentuk fisik yang terdiri dari lembaran-lembaran kertas itu. Dan pastinya Anda tahu kertas terbuat dari kayu yang banyak tumbuh di hutan-hutan Indonesia. Dan Indonesia adalah salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia. Sehingga berjuta-juta hektar hutan dibabat secara illegal untuk keuntungan segelintir orang. Tetapi akibat negatifnya dirasakan oleh manusia seluruh dunia, yang biasa disebut dengan global warming.

Berapa banyak bencana alam terjadi dikarenakan pembabatan hutan ini? Mulai dari banjir, tanah longsor, kekeringan dll. Dan korban yang timbul tak terhitung lagi dari bencana-bencana ini.

Andai saja manusia tidak membaca buku. Mungkin kontribusi terhadap pelestarian lingkungan menjadi cukup berarti. Secara otomatis percetakan akan mengurangi cetak buku karena pembelinya berkurang atau sangat sedikit, karena manusia sudah tidak membaca buku lagi.

Terus bagaimana ilmu pengetahuan dan informasi dikemas bila tidak ada buku? Sangat mudah dan sangat simple. Dunia sudah begitu maju ada pengganti buku konvensional yang sangat murah dan tentu saja sangat ramah lingkungan. Kita tidak perlu bahan baku seperti kayu untuk membuat kertas. Karena kita cukup mencetaknya dalam bentuk digital.

Benda itu disebut dengan buku digital atau buku elektronik yang lebih popular dengan sebutan ebook.

Dengan ebook maka akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Selain ramah lingkungan, tidak memerlukan tempat yang besar untuk menyimpannya dan tentu saja jauh lebih murah biaya produksinya. Sehingga harga jualnya pun bisa lebih murah. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lain.

Tapi kan membaca ebook kurang  nyaman dibandingkan dengan buku konvensional. Siapa bilang? Sekarang sudah ada teknologi Eink yang membuat membaca ebook senyaman membaca buku. Apa itu teknologi Eink? Ikuti postingan berikutnya!

 

PS: Ini adalah pendapat pribadi dan dilihat dari satu sisi yaitu kontribusi buku terhadap perlindungan hutan!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s