Membaca Ebook Senyaman Membaca Buku

Oleh: Wahyudi

Setelah posting provokatif yang saya tulis sebelumnya, kini saya akan berikan bukti bahwa membaca ebook bisa senyaman membaca buku.

Di masa depan saya yakin ebook akan menggantikan peran buku. Kenapa saya begitu yakin? Sederhana saja, itu berkaitan dengan bahan baku, biaya produksi, efektifitas dan efisiensi.

1. Bahan Baku, bahan baku kertas adalah kayu. Kayu berasal dari hutan. Seperti kita ketahui hutan di dunia ini sudah berkurang sangat drastis. Hal itu menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem yang mengakibatkan beraneka macam bencana alam. Maka dibuatlah Protokol Kyoto untuk menyelamatkan dunia dari pemanasan global. Itu artinya penebangan hutan harus dikurangi sebesar-besarnya. Maka bahan baku kertas akan semakin menipis tersedia di pasaran.

2. Biaya Produksi, Dengan ketersediaan bahan baku kertas yang terbatas tentu saja harganya menjadi semakin mahal. Pastinya biaya produksi akan semakin tinggi. Belum lagi biaya cetak buku yang semakin hari semakin meningkat, biaya distribusi, biaya display dll. Bandingkan dengan biaya produksi ebook yang nyaris NOL rupiah.

3. Efektifitas dan Efisiensi, dari faktor ini kita pasti setuju bahwa buku tidak praktis karena bentuk fisiknya yang memerlukan tempat (cukup besar bila koleksi kita banyak), dan tidak praktis membawanya (apalagi bukunya cukup tebal atau membawa beberapa buku). Bandingkan dengan ebook yang cukup kita simpan dalam hard disk PC atau laptop. Dan kalau mau dibawa-bawa cukup disimpan dalam flash disk yang hanya sebesar ibu jari. Sangat praktis bukan.

Yang menjadi masalah bagi sebagian orang tentang ebook adalah mengenai kenyamanan. Biasanya kita tidak tahan terhadap radiasi monitor yang membuat mata kita cepat lelah saat membaca. Dan bagi sebagian orang sensasi saat membalikan halaman demi halaman buku tak tergantikan oleh ebook.

Tapi jangan khawatir…kini teknologi sudah sedemikian maju. Telah ditemukan teknologi Eink yang akan memanjakan kita membaca ebook senyaman membaca buku.

Apa itu teknologi Eink? Teknologi tinta elektronik yang secara visual sama persis dengan tulisan cetak pada buku konvensional atau koran dan majalah. Teknologi ini berupa display atau monitor yang bisa menampilkan ebook dan kita bisa membaca seperti halnya kita membaca buku konvensional.

Kita bisa menggunakan teknologi Eink untuk berbagai macam ebook atau dokumen digital dalam berbagai format seperti, PDF, HTML, TXT, JPG, BMP,GIF dan lain sebagainya. Alat ini biasa disebut dengan Ebook Reader.

Ukuran ebook reader yang sebesar buku dengan ukuran 18cmX 12cmX1cm sangat efisien dibawa kemana-mana. Apalagi kemampuan menyimpan data mencapai 512Mb dan tersedia card reader bila ingin menambah kapasitasnyadengan memory card (SD Card). Desain yang cantik dan stylish membuat penampilannya sangat wahh.

Bagaimana dengan kenyamanan membaca? Tentu saja senyaman membaca buku karena tampilan layar layaknya permukaan kertas. Tulisan pada layar bisa dilihat dari berbagai sisi dan sudut tanpa ada flicker atau pantulan cahaya. Sehingga saat membaca menggunakan Ebook reader seperti halnya membaca buku, koran atau majalah.

Ebook reader juga sangat hemat baterry karena konsumsi battery akan terjadi saat pergantian halaman saja. Sedang saat membaca halaman yang sama alat ini tidak mengkonsumsi energi. Biasanya battery akan habis setelah 8000 halaman, sangat hemat bukan.

Beberapa gambar ebook reader

Beberapa gambar ebook reader

Ada beberapa merk ebook reader di dunia diantaranya, Hanlin Ebook V3, Sony Portable reader PRS-505 dan PRS-700, Irex Iliad dan Digital Reader, Amazon Kindle, STAReBook, Booken Cybook Gen3, dan Polymer Vision.

Pada saat ini ada satu kekurangan dari alat ini, yaitu harganya yang masih cukup mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia umumnya. Alat ini dibandrol paling murah dengan harga US$299. Tapi dengan berkembangnya teknologi alat ini akan semakin murah. Seperti halnya handphone saat ini.

2 thoughts on “Membaca Ebook Senyaman Membaca Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s