4 Tips Menulis Ebook untuk Pertama Kalinya

 

Menulis eBook Sendiri

Menulis eBook Sendiri

Jika Anda ingin menulis ebook tetapi tidak memiliki ide untuk memulai. Menulis ebook untuk pertama kalinya terkadang memang  membuat bingung dan mustahil, tetapi sebenarnya itu tidak sesulit yang dibayangkan. Disini saya mencoba menuliskan kiat-kiat untuk memulai menulis ebook.
Ada 4 tip yang bisa membantu untuk menulis ebook.

Tip #1: Menentukan Tujuan

Apa alasan Anda ingin menulis ebook? Apakah Anda ingin menulis ebook hanya sebagai bonus yang diberikan dengan gratis? Atau Anda ingin menulis ebook untuk memikat orang lain supaya data mereka masuk ke dalam database Anda? Atau Anda ingin menjual ebook tersebut? Sebelum memulai, Anda harus menjawab pertanyaan di atas.

Pertama kali saya menulis ebook, saya berikan secara gratis saat mereka berkunjung ke website saya. Cara ini bertujuan menarik pengunjung website saya agar kembali lagi dilain waktu. Di dalam ebook yang saya bagikan gratis ini saya mebagikan informasi-informasi. Tetapi informasi trsebut tidak cukup lengkap menjawab semua pertanyaan pengunjung. Saat mereka menginginkan jawaban yang lebih lengkap mereka pasti akan kembali berkunjung ke website saya.

Tip #2: Menentukan Pokok Bahasan

Anda sebaiknya menulis tentang pokok bahasan yang Anda kuasai dan senangi. Jika Anda tidak menguasai dan menyenanginya maka itu akan menjadikan pekerjaan yang membosankan, alih-alih menantang kita untuk produktif dalam menulis.

Dalam menulis ebook pertama kali sebaiknya menulis tentang dasar-dasarnya terlebih dahulu. Hindari pembahasan yang terlalu mendetail. Karena hal itu akan memaksa Anda untuk bernafas panjang dalam menulis. Hal ini harus dihindari untuk tetap menjaga semangat, saat Anda kehabisan nafas dan ide menulis.

Tip #3: Menentukan Pembaca

Jangan mulai menulis meski satu kata pun, bila Anda belum tahu siapa yang akan membaca ebook Anda nantinya. Jangan sesekali menulis ebook untuk orang-orang yang tidak mengetahui tentang pokok bahasan yang Anda tulis. Biasanya problem ini terjadi pada orang yang baru pertama kali menulis. Tetapi dalam beberapa kasus ternyata tulisan Anda kurang cukup mendetail tetapi disajikan untuk pembaca yang ingin tahu lebih dalam tentang pokok bahasan yang Anda tulis. Jadi jangan menulis ebook yang memiliki dua detai yang berbeda dalam satu ebook. Sebaiknya Anda memisahkan dalam dua ebook yang berbeda. Untuk kalangan yang yang levelnya lebih tinggi, Anda perlu menuliskan pembahasan yang lebih detail. Sedang untuk pemula Anda menuliskan tentang dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Tip #4: Menentukan Banyaknya Halaman

Untuk pertama kali menulis ebook, jangan terlalu banyak halamannya. Hal ini penting agar Anda bisa lebih cepat menyelesaikan ebooknya. Ketika Anda bisa menyelesaikan ebook pertama, maka semangat untuk menuliskan ebook kedua dan seterusnya akan bergelora. Sehingga produktivitas menulis ebook bisa tinggi.

Jadi intinya mulai dari yang kecil dahulu untuk ebook pertama. Bila semangat Anda sudah bergelora maka akan lebih mudah menuliskan ebook berikutnya dengan pembahasan yang lebih detail.

Referensi:http://EzineArticles.com/?expert=Christopher_M._Hall

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s