Format eBook PDF vs EXE

pic taken from cgi.ebay.com.my

pic taken from cgi.ebay.com.my

Setiap orang yang ingin membuat ebook biasanya bertanya-tanya dalam menentukan format ebooknya. Dalam format PDF atau EXE? Perbedaan keduanya tidak hanya dalam hal file extensionnya saja. Masing-masing format ini mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

PDF telah dipasarkan dalam waktu yang cukup lama. PDF banyak digunakan sebagai format dokumen dan naskah penting. Banyak penerbit ebook mengunakan format PDF.

Ebook EXE bisa dibuat menggunakan bermacam-macam Software Pembuat Ebook. Software ini tersedia dalam berbagai harga mulai dari US$19 hingga US$200. Penampilan dari ebook EXE ini terlihat lebih menarik dibandingkan PDF. Desain ebook EXE bisa lebih interaktif dalam bentuk HTML dibandingkan menggunakan Word Processor.

Ada salah persepsi yang cukup besar di dunia ebook, bahwa membuat ebook PDF jauh lebih besar biayanya. Hal ini disebabkan Software pembuat PDF keluaran Adobe Acrobat memang sangat mahal. Tetapi saat ini sudah banyak software pembuat ebook PDF yang memiliki feature mirip dengan Adobe Acrobat tersedia secara gratis di internet. Dan lagi banyak software Word Processor yang memiliki feature export PDF yang tergabung didalamnya.

Ada satu kesalahan persepsi lagi bahwa menerbitkan ebook dalam bentuk EXE kelihatan lebih professional dibandingkan PDF. Hal ini tentu saja salah. Saat ini format PDF lebih terlihat sangat mirip dengan kertas. Jadi ketika membacanya mata kita lebih nyaman. Dan dokumen PDF bisa dibuat lebih kelihatan professional dengan Word Processor (katakana, MS Word) dengan berbagai macam tool yang tersedia.

Ebook EXE akan terlihat berbeda bila ditampilkan pada computer yang berbeda. Terutama saat kita menggunakan resolusi yang berbeda. Sebagai contoh, saat melihat website terlihat berbeda ketika kita lihat pada resolusi yang berbeda. Sedangkan ebook PDF akan terlihat sama di semua jenis computer, dan satu lagi sangat mudah mencetaknya (printed out).

Saran saya gunakan format PDF untuk membuat ebook. Karena PDF mempunyai banyak pilihan untuk melindungi dokumen (security option). Anda bisa mendapatkan aneka macam software pembuat ebook PDF secara gratis dengan googling di internet. Selain itu PDF bisa dibaca dalam Macintosh dan operating system yang lain termasuk Linux, Selama terinstall software adobe reader atau sejenisnya dalam komputer Anda.

File EXE lebih mudah corrupted dan terinfeksi virus. Jika seseorang mempunyai komputer yang terinfeksi virus kemudian dia mendownload ebook Anda, selanjutnya dia memberikan ebook itu kepada orang lain, Maka kemungkinan besar ebook Anda akan membawa virus yang akan menginfeksi komputer-komputer yang lain.

This Posting is also posted at www.TokoeBook.Com

Referensi : http://EzineArticles.com/?expert=Alex_Ronald

2 thoughts on “Format eBook PDF vs EXE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s