5 Langkah Sederhana Membuat eBook

pic taken from ecoversuiteelite.com

pic taken from ecoversuiteelite.com

Belajar bagaimana cara membuat ebook sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Ada 5 langkah sederhana yang bisa diiukuti untuk membuat ebook.

 

 

1. Tentukan Target  Pembaca eBook Anda

Langkah pertama untuk mempelajari cara membuat ebook adalah menentukan target pembaca ebook anda. Siapa yang akan menjadi sasaran yang akan membaca ebook anda nantinya? Sebelum anda membuat ebook jawab dulu pertanyaan  di atas.

Untuk sebagian orang, menentukan apa yang ingi ditulis adalah bagain yang sulit, tapi seharusnya tidak demikian. Coba tuliskan mengenai hobi anda atau hobi orang lain, dan apa problem yang dihadapi dalam menjalani hobi tersebut. Kemudian apa yang anda ketahui untuk mengatasi hal tersebut? Anda bisa menuliskan kiat-kiat yang bisa membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

Atau dengan cara ini, Orang biasanya akan meminta saran bagaiman cara menghasilkan uang dan bagaimana cara mengelolanya? Anda juga bisa membuat tutorial bagaimana menghasilkan uang dari hobi mereka?

2. Riset dan Perencanaan

Anda tidak akan bisa menulis dan membuat ebook, meski anda sangat familiar dengan topic yang akan anda tuliskan, tanpa melakukan riset dan perencanaan. Salah satu cara sederhana dalam melakukan riset adalah dengan cara menuliskan pertanyaan-pertanyaan tentang topic yang akan anda tuliskan. Kemudian minta opini kepada forum-forum atau komunitas/group dilingkungan anda atau  di internet. Atau juga membaca buku/majalah yang berhubungan dengan yang akan dituliskan.

3. Tulis eBook Anda

Sekarang anda telah memiliki pertanyaan-pertanyaan, dari susunan pertanyaan itu anda bisa memulai untuk menulis ebook. Anda tidak perlu merasa bahwa anda bukan seorang penulis yang mahir. Fokuslah untuk menulis hasil dari riset dan apa yang telah direncanakan. Anda tidak harus menulis lebih dari 100 halaman dan jangan berpikir untuk menulis dengan kalimat-kalimat yang sempurna. Cukup anda jawab deretan pertanyaan yang telah anda tuliskan seperti halnya anda menulis surat untuk memberi saran kepada teman. Menulislah sesuai dengan hati anda.

Jika anda tidak ahli dibidang yang ingin ditulis. Anda bisa mencari sesorang yang ahli di bidang tersebut kemudian lakukan wawancara untuk menjawab deretan pertanyaan yang telah anda tuliskan sebelumnya. Dari hasil wawancara tersebut anda sudah bisa membuat ebook sesuai dengan topic yang anda inginkan.

4.Ubah ke Format PDF

Kini ebook anda sudah selesai ditulis. Berikan kepada beberapa teman anda untuk mereview. Jangan khawatir dengan kesalahan-kesalahan dari tulisan yang anda buat. Anda bisa membaca ulang beberapa kali kemudian melakukan pengeditan. Kemudian ubah ebook anda ke format PDF.

Atau bila nada tidak mau repot-repot mengedit dan mengubah ebook ke format PDF, anda cukup mengirimkan naskah anda ke TokoEbook.Com dan TokoEbook.Biz, kemudian kami akan mengedit & menerbitkan ebook anda dengan royalty 50% dari setiap penjualan.

5.Upload ke Website

Kini tinggal langkah terakhir, apakah anda ingin menjual ebook anda atau akan memberikan secara free. Anda perlu mengupload ebook tersebut di internet. Untuk mengupload ebook anda perlu memiliki website beserta hostingnya dan program FTP.

Bila anda merencanakan untuk menjual ebook anda, tetapi tidak memiliki website atau tidak familiar dalam pengelolaanya, anda cukup mengirimkan naskah anda ke TokoEbook.Com dan TokoEbook.Biz, kemudian kami akan menerbitkan dan menjualkan ebook anda di website kami dengan royalty 50% dari setiap penjualan.

Referensi: http://EzineArticles.com/?expert=Lynn_Keller

11 thoughts on “5 Langkah Sederhana Membuat eBook

  1. Terima Kasih Mas Fikri atas kunjungannya.
    Untuk menulis ebook Non-Fiksi Minimal 50 halaman.
    Untuk Fiksi minimal 100halaman.
    FOnt Arial, Size 12pt, Spasi 1.5

  2. AKbar berkata:

    halo, mas wahyudi saya pnya website yg di buat dngn joomla, pertanyaan saya, bagaimana cara atau langkah langkah meng upload dan menjual ebook saya di website pribadi saya, saya harus menggunakan modul apa pada joomla agar bisa menjual dan mengetahui struktur pembayaran ebook saya
    MOHON BANTUAN NYA YA MASS
    SOAL NYA DAH SATU MINGGU, CARA NYA BLOM KETEMU KETEMU

  3. Saya rencananya bikin ebook kumpulan motivasi untuk bisnis mlm,boleh ngga nanti di kirim ke tempat anda..berapa halaman minimal?..mksh..and makasih juga buat infonya nih.

  4. ronald berkata:

    Mas,,mohon maaf nih,masih lumayan gaptek,gmn dong caranya ngedit naskah ke format PDF,n 1 lagi mas,gmn caranya ngirim naskah ke TokoEbook.com

  5. Eny berkata:

    Halo, Mas Wahyudi…

    Apakah boleh mengirimkan naskah saya sendiri (fiksi remaja) yang sekitar 20 tahun lalu pernah dipublikasikan oleh sebuah penerbit besar, tapi sekarang ini hak cipta sudah kembali pada saya? Kalau boleh, saya akan memodifikasinya lagi supaya lebih sesuai dengan kondisi sekarang dan mengirimkannya ke TokoEbook.com. Sekadar informasi, dulu karangan saya ini cukup disukai kalangan pembaca majalah HAI.

    Thanks sebelumnya untuk tanggapannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s