3 Rahasia Menjadikan Toko Ebook yang Sukses

pic taken from A1ebook.org.uk

pic taken from A1ebook.org.uk

Bisnis

Toko EBook adalah model bisnis online yang ideal untuk orang-orang yang memiliki waktu luang terbatas. Untuk memulai bisnis toko ebook, ada 4 hal pokok yang perlu dipersiapkan yaitu, Web Hosting, Nama Domain, Script Toko Ebook dan tentunya Ebook-ebook sebagai produk yang akan dijual. Bila tidak memiliki ebook yang akan dijual, kita cukup membeli resale ebook. Dengan membeli resale ebook, kita mempunyai hak untuk menjual kembali ebook-ebook tersebut. Dan tentunya bisa segera memulai bisnis ini.

 

Tapi tidak banyak orang yang sukses menjalankan bisnis toko ebook ini, ditengah ketatnya kompetisi bisnis ini di internet. Ada 3 komponen utama yang harus dimiliki pebisnis toko ebook untuk memenangkan kompetisi. Yaitu, Keaslian Produk (Originality), Kemudahan Mengakses Toko Ebook (Usability), dan Branding/Popularitas. Mudah-mudahan setelah  membaca artikel ini anda memiliki pengetahuan yang lebih baik bagaimana menjalankan bisnis toko ebook yang sukses.

 Originality

Untuk menjadi Toko Ebook yang sukses, hal pertama yang perlu anda pikirkan adalah apa yang bisa ditawarkan ke calaon customer? Apakah produk-produk yang kita tawarkan memiliki keunikan bagi customer? Apakah produk-produk anda juga bisa ditemukan dengan mudah di toko ebook lain? Atau malah produk anda dijual lebih murah di toko ebook yang lain? Bila hal itu terjadi maka anda tidak akan mendapatkan customer.

Anda perlu memiliki produk yang unik dan bernilai bagi customer. Usahakan harganya lebih murah dengan produk lain yang sejenis. Tapi keunikan dan kwalitas produk lah yang akan membuat anda sukses.

Kemudahan Mengakses Toko Ebook (Usability)

Hal ini sangat tergantung pada desain website (toko ebook) dan navigasinya. Apakah toko ebook anda mudah diakses oleh pengunjung? Jika website anda sulit diakses atau navigasinya rumit dan memerluka waktu lama untuk melihat setiap halamannya, maka mereka akan segera meninggalkan toko ebook anda dan tidak akan pernah kembali.

Anda perlu berpikir untuk memberikan sesuatu untuk menarik mereka kembali, seperti memberikan bonus/ebook gratis. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan reputasi. Menjaga tema website yang konsisten dan lay out halaman yang mudah diakses merupakan bagian terpenting agar toko ebook anda terlihat professional. Bila nada tidak memiliki kemampuan untuk mendesain toko online yang professional, anda bisa menyewa jasa web designer yang professional.

Branding

Bagaimana persepsi pengunjung terhadap toko ebook anda adalah area yang tidak bisa anda control. Tapi dengan penampilan toko ebook yang professional akan membangun loyalitas pengunjung. Anda juga perlu melihat dari sisi marketing. Customer seperti apa yang menjadi sasaran? Apakah anda menjual produk yang menyasar pada spesifik customer? Bila sasaran anda adalah customer local maka perlu dimasukan aspek Term Policy, Cara pengiriman dan system pembayaran. Pastikan semua tertulis dengan jelas dan mudah dipahami oleh customer.

Article Source: http://EzineArticles.com/?expert=Ken_Wu

One thought on “3 Rahasia Menjadikan Toko Ebook yang Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s