Alat Baca eBook akan Sepopuler MP3 dan iPod

pic taken from nerdgrind.com

pic taken from nerdgrind.com

Sepertinya di masa yang akan datang

 

alat baca ebook (ebook reader) akan sepopuler MP3 dan iPod yang lebih dulu popular. Diseluruh area perkotaan bahkan pedesaan, kita bisa melihat orang-orang baik tua maupun muda  telah terbiasa earphone di telinganya. Saat ini lingkungan social kita telah berubah pada format digital yang bisa di download. Yang kini sedang popular adalah download Ring Back Tone (RBT) pada HP, MP3 dll. Itu artinya pun kita berharap hal itu akan terjadi pada dunia tulis-menulis/buku atau yang lebih dikenal dengan eBook, atau buku elektronik. Jika anda lihat websitenya Amazon Kindle atau Sony Reader, jawabannya akan cukup jelas. Ada beberapa perusahaan yang melakukan inovasi agar alat baca ebook ini bisa lebih memiliki daya guna sebagai alat baca buku-buku digital(ebook). Bila kita lihat data penjualan alat baca ebook, memang belum ada data yang cukup jelas. Data penjualan perbukuan (baik fisik atau ebook), memang penjualan buku masih jauh mendominasi penjualan dalam dunia perbukuan.

Terlihat bahwa kebanyakan pembaca belum cukup siap untuk beralih ke ebook. Hal ini dimungkinkan karena mereka lebih memilih membeli buku secara langsung daripada membeli sebuah peralatan untuk membaca ebook yang harganya cukup mahal. Mereka belum siap membagi uangnya untuk membeli alat baca ebook dan juga ebooknya. Atau mereka berpikir kembali bila ingin membelia lat baca ebook, sedangkan buku saat ini masih cukup OKE buat mereka.

Tapi saya yakin alat baca ebook akan bisa seperti MP3 yang dipakai begitu banyak orang. Karan banyak kelebihan dan fitur-fitur menarik bila kita membaca ebook.

Salah satu kelebihannya adalah kita bisa menyimpan begitu banyak ebook dalam satu alat. Jadi bila kita kalikan penghematan yang bisa kita dapatkan sebagai akibat dari daya tampung alat baca ebook, sekali kita membeli alat baca ebook  kita bisa menghemat uang karena harga ebook yang lebih murah daripada buku. Anda juga lebih banyak menghemat waktu untuk mencari buku, karena untuk mencari ebook kita cuku mengklik di depan computer anda.

Menggunakan alat baca ebook juga memudahkan anda dalam perjalanan. Anda tidak perlu membawa tumpukan buku yang berat dan banyak makan tempat. Alat ini juga lebih berguna untuk meeting bisnis, referensi yang cepat dalam perkuliahan, atau bila hanya sekedar baca-baca di saat waktu luang kita sempit.

Alasan-alasan di atas cukup untuk membuat beralih membaca ebook dengan alat baca ebook di masa yang akan datang. Dengan semakin banyak naskah dalam bentuk ebook dan semakin banyak pengguna alat baca ebook. Diharapkan alat ini akan semakin murah, sehingga industri perbukuan akan segera beralih ke industri ebook yang lebih murah dan ramah lingkungan.

2 thoughts on “Alat Baca eBook akan Sepopuler MP3 dan iPod

  1. djali berkata:

    sangat menarik tetapi sayang untuk di indonesia masih sulit diketemukan penjual ebook reader gadget. semoga masa ebook reader seperti mp3 segera terwujud di indonesia, sehingga orang2 seperti saya tidak hanya membaca kehebohannya di internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s