Tips Menulis eBook: Lay out dan Struktur eBook

TokoEbook.Com

TokoEbook.Com

Artikel di bawah ini akan memberikan beberapa tips dasar untuk membuat lay out dan struktur ebook.

Dimulai dari atas, pertama kita perlu membuat judul dan sub judul yang menarik. Buat dengan ukuran huruf yang lebih besar, tebal, menyolok dan menarik. Halaman judul ini diletakkan pada halaman pertama. Kita bisa menuliskan nama penulis pada bagian bawah judul. Akan lebih baik lagi bila diantara judul dan nama penulis, ditampilkan gambar cover ebook. Cover ebook ini adalah mencerminkan dari ebook itu sendiri. Untuk membuat cover ebook ini bisa dilihat tutorialnya disini, disini atau disana.

Halaman kedua kita bisa meletakkan informasi disclaimer dan hukum. Informasi utama yang ada dalam halaman ini adalah ebook ini tidak boleh dicopy atau diperbanyak tanpa seijin penerbit dan/atau penulis.  Memang hal ini tidak berarti menghentikan sama sekali orang lain untuk mencuri hak cipta penulis, tetapi paling tidak kita telah memberikan peringatan kepada orang lain bahwa pencurian karya kita adalah perbuatan melanggar hukum.

Halaman ketiga  adalah halaman daftar isi. Halaman ini harus disertakan, karena orang lain belum tentu mau mencari ke seluruh halaman ebook untuk menemukan topic yang dia inginkan. Dengan daftar isi kan membantu pembaca ebook untuk mencari topic yang diinginkan secara cepat. Akan lebih baik lagi bila kita membuat daftar isi yang bisa diklik secara langsung.

Halamn berikutnya adalah halaman inti yang merupakan isi dari ebook. Presentasikan isi ebook step by step. Pastikan setiap bab memiliki judul bab sehingga memudahkan pencarian oleh pembaca. Dan juga pastikan setiap halaman memiliki nomer halaman. Bila ebook tidak memiliki nomer halaman maka daftar isi yang telah kita buat menjadi tidak ada artinya.

Hal di atas sepertinya sepele tetapi sebenarnya dengan mengikuti tips di atas akan membuat pembaca bisa menikmati dalam membaca ebook yang telah kita tulis.

Referensi: http://EzineArticles.com/?expert=Steven_Wagenheim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s