Cara Membuat dan Menyusun Lay Out eBook PDF

pdfAnda telah selesai menulis ebook dan mengeditnya. Kini saatnya memikirkan bagaimana ebook anda bisa dilihat oleh calon pembaca. Anda perlu membuat cover dan lay out halaman dalam ebook yang atraktif dan menarik.

Format yang direkomendasikan untuk baris adalah dengan spasi 1.5, teks berukuran 12pt Times New Roman atau Arial, dengan margin 1.25 inch. Denag format seperti ini halaman akan kelihatan terang dan menarik.

Setelah lay out ebook sudah selesai, anda perlu mengubahnya ke file PDF (Portable Document Format). Hal ini akan memastikan setiap orang bisa membuka ebook anda dan akan terlihat sama meski berbeda alat baca (computer, PDA, atau ebook reader). Karena format PDF bisa bekerja dalam berbagai operating system.

Sebagian besar orang familiar dengan Adobe Acrobat Reader. Software ini adalah software gratis yang memungkinkan semua orang bisa mendownload dan membaca file PDF.

Sedangkan untuk membuat file PDF anda memerlukan Adobe Acrobat Professional atau program lain untuk membuat PDF file.

Tiga program lain yang bisa digunakan untuk membuat file PDF adalah:

• PDF Converter Pro.

• OfficeReady Pro.

• Solid Converter PDF.

Harga software diatas sekitar $100. Sedangkan harga Adobe Acrobat Professional lebih dari $400.

Ada juga software pembuat file PDF yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Lima program diantaranya adalah:

• Primo PDF.

• PDF995.

• CutePDF.DocuDesk.

• PDFill.

Setelah anda memilih dan menginstall program ke computer, langkah selanjutnya adalah mengubah file MS Word ke file PDF. Sebagai contoh anda menggunakan program  CutePDF.

Buka file word anda dan pilih “Print” pada file Menu. Setelah kotak dialog muncul pilih printer yang ada dengan mengklik tombol dropdown kemudian klik “CutePDF Writer”.

Klik “OK” pada bagian bawah kotak dialog. Setelah mengklik OK akan muncul kotak dialog “Save As.” Anda harus mengisikan nama file yang diinginkan.

Setelah mengklik “OK” pada kotak dialog “Save As”, software PDF akan mengubah dan terlihat dokumen sebagai file PDF. File ini siap diletakkan di shopping cart.

Agar menarik calon customer anda perlu membuat cover ebook yang nantinya akan didisplay di shopping cart anda. Ada ebook gratis tutorial membuat cover ebook, untuk mendownload ebook gratis ini silahkan klik disini .

4 thoughts on “Cara Membuat dan Menyusun Lay Out eBook PDF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s