3 Tip Mencegah Pembajakan dan Plagiat eBook

pic taken from webster.edu

pic taken from webster.edu

Pembajakan dan plagiat adalah hal yang sangat dikhawatirkan oleh para pelaku di bisnis penerbitan ebook. Ebook memiliki kelebihan seperti mudah didapatkan dan bisa didownload dengan cepat, karena hal itulah ebook menjadi sasaran empuk untuk diplagiat atau dibajak. Dengan kondisi seperti itu maka sang at penting memberikan keamanan pada ebook dari tindakan orang-orang tidak bertanggungjawab.

1. Link Download

Link download dapat dicopy dan di sebarluaskan dengan mudah sehingga ebook anda bisa tersebar secara illegal. Jadi betapa pentingnya melindungi link download untuk keamanan bisnis penerbitan ebook. Secara berkala, pastikan halaman download disimpan dengan nama file baru.

2. Password

Dalam bisnis penerbitan ebook, lebih baik melakukan tindakan pencegahan  daripada tindakan koreksi. Pastikan mengganti password ebook secara berkala untuk mencegah tindakan hack ke dalam account dan mencuri ebook anda secara bebas. Bila anda menggunakan software seperti Acrobat , anda bisa melindungi file anda dengan password. Saat ebook anda dibeli oleh customer maka anda bisa mengirimkan passwordnya ke pembeli ebook. Anda juga bisa melindungi halaman download dengan password.

3. Kode Lisensi

Kode lisensi adalah salah satu cara terbaik untuk melacak penyebaran secara illegal ebook anda. Prosedurnya cukup mudah, dimana anda cukup menyelipkan kode rahasia pada ebook, hal ini akan membantu anda melacak orang-prang yang memiliki ebook anda. Dengan mengklik tombol, anda bisa menonaktifkan copy ebook yang dimiliki oleh orang yang mendapatkan ebook secara illegal.

Referensi: http://EzineArticles.com/?expert=Fabian_Tan

6 thoughts on “3 Tip Mencegah Pembajakan dan Plagiat eBook

  1. adam berkata:

    betul sekali…..apa yang dj master katakan…hanya saja ISBN bukan gratis untuk kita dapatkan, dan itupun tidak serta merta menghentikan ebook yang kita jual menjadi anti bajak. susah saya fikir. teknologi yang semakin canggih dapat membobol apapun dewasa ini. termasuk software2 klas kakap nan mahal sekalipun. apalagi hanya sebuah ebook….tapi info ini cukup membantu. terimakasih.

  2. Orang Indonesia tuh kebanyakan beragama Islam, tapi anehnya mereka sering sekali melakukan pembajakan.. Padahal pembajakan tuh samadengan kejahatan pencurian.

    Dosa dari pembajakan ebook itu bisa menjadi berkali lipat ketika file semakin tersebar.. (Dosa Besar Dalam Era Internet Adalah Pembajakan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s