Apa itu Internet Marketing? Bagaimana Internet Marketing Bekerja

pic taken from sta.rtup.biz

pic taken from sta.rtup.biz

Definisi sederhana dari internet marketing (biasa disebut juga ‘online marketing’ atau ‘web marketing’) adalah menjual barang atau jasa melalui media internet. Online marketing dilakukan sebagai bagian dari bisnis offline. Orang akan lebih familiar bila produk-produknya terdisplay dan dilengkapi dengan email yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan sebagaimana halnya fungsi catalog tercetak pada bisnis offline. Isilah Survey dengan mengklik link di bawah ini:
Free Website Poll
Internet marketing juga bisa mewakili perusahaan dalam memasarkan produknya melalui dunia maya. Dengan internet marketing bisa jadi pengusaha tidak perlu menyediakan kantor ataupun tokonya untuk menjual produknya.

Bisnis melalui internet bisa dioperasikan dari rumah sehingga biayanya bisa jadi sang at kecil dibandingkan harus sewa kantor atau toko. Dua hal penting yang harus dimiliki oleh internet marketing adalah Website dan email.

Sales website

Sales website adalah bentuk terbaik dari internet marketing. Perusahaan atau individu yang ingin mensetup website akan memberikan kesempatan kepada calon customer untuk membeli produknya. Customer akan mengunjungi website, melakukan pemesanan, melkukan pembayaran secara online atau transfer via bank, dan barang dikirimkan ke customer. Semua transaksi ini akan dilakukan secara elektronik dan otomatis.

Proses pembelian ini dilakukan oleh customer tanpa harus meninggalkan rumah, cukup dilakukan dari depan computer yang terhubung internet.

Websites Informasi

Ada website tipe lain, yakni Website Informasi untuk internet marketing. Website tipe ini dibuat untuk menginformasikan tentang seluk beluk sebuah produk. Dan diharapkan dengan website yang berisi informasi tentang produk yang dijual akan memberikan penjelasan pada calon customer agar membeli produk yang dijual.

Email marketing

Pebisnis online akan menggunakan email untuk mengintak calon customer (prospek) memberikan penawaran. Pebisnis akan meminta kepada prospek agar mau menerima setiap informasi yang akan dikirim melalui email tentang produk-produknya. Setelah prospek setuju untuk menerima informasi itu, maka biasanya akan mengirimkan informasi/promosi via email tentang produk dan perusahaannnya dalam bentuk sales letter atau brosur.

Email marketing adalah cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mendistribusikan sales letter. Dan lebih ramah lingkungan dibandingkan mengirimkan kertas brosur ke alamat prospek. Tetapi email marketing akan menjadi tidak efektif dan memberikan efek negative bila pebisnis online melakukan spam.


Free Website Poll

14 thoughts on “Apa itu Internet Marketing? Bagaimana Internet Marketing Bekerja

  1. sedikit tambahan mas bro mengenai internet marketing…
    dalam internet marketing itu ada 2 hal yang sangat berhubungan…yang pertama ada taffic generation dan ada source of income…yang email marketing itu masuknya kepada traffic generation, begitu pula dengan SEO, mobile ads, dll…kalo yang termasuk source of income (sumber penghasilan) itu ada PPC, PPL, PPS, dan jual produk sendiri…tinggal dipilih mau sumber penghasilan dari apa dan cara promosi yang bagaimana…untuk penjelasan lebih lengkap mengenai pembelajaran internet maketing coba kunjungi…

    http://www.belajar-internetmarketing.net/

    terima kasih

  2. Merindukanmu berkata:

    Terima kasih info yang sangat luar biasa ini

    sebagai pemula dan awam saya sangat ingin menjadi bagian dari pelaku bisnis di internet….

    Yg jadi pertanyaan, bisakah saya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s