4 Tip Berbisnis Online

Ada banyak alasan untuk memulai bisnis online, diantaranya adalah biaya untuk memulai dan mengoperasikan bisnis online jauh lebih murah di bandingkan bisnis offline, jangkauan pasar yang jauh lebih besar hingga ke seluruh dunia, dll.

Internet memang memberikan banyak peluang untuk mengembangkan bisnis. Untuk memulai bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti yang saya tulis di bawah in, mudah-mudahan bisa membantu anda untuk mencapai kesuksesan.

1. Bila anda yakin bahwa bisnis online bagus dan akan menjadikan cita-cita anda tercapai. Maka anda harus menyiapkan sejumlah modal/uang untuk memulai bisnis online ini. Seperti halnya bisnis-bisnis offline, bisnis online juga memerlukan perencanaan yang matang, target yang ingin dicapai, dan semua hal yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis ini perlu dibreakdown secara jelas.

Bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya, tidak ada untung yang bisa didapatkan secara tiba-tiba tanpa adanya kerja keras. Memang ada satu keunggulan dari bisnis online, bahwa bisnis ini bisa berjalan secara autopilot dan bekerja secara otomatis. Tetapi tetap saja perlu kerja yang sungguh-sungguh agar bisnis online ini bisa berjalan sesuai yang anda inginkan.
//

2. Anda perlu belajar langkah-langkah dan teknik model bisnis online yang telsh terbukti mencapai kesuksesan.

Untuk mencapai kesuksesan hal yang harus dilakukan adalah mempelajari hal-hal yang perlu dikuasai tentang bisnis online yang ingin anda jalani. Pelajari metodenya dan praktekkan maka akan benar-benar menguasainya. Meskipun anda memilki ide yang brilian tentang bisnis yang akan anda jalankan secara online, tetapi anda tetap perlu mempelajari bagaimana memasarkan produk anda di internet. Karena bagaimana cara memasarkan produk anda merupakan hal yang paling menantang di bisnis online.

3. Fokus pada bisnis yang telah anda pilih.

Banyak orang berbisnis online, tetapi ketika bisnisnya tidak segera menghasilkan seperti apa yang diinginkan maka dia akan beralih ke bisnis lain yang menurutnya akan menguntungkan.

Anda tidak akan mendapatkan kesuksesan bila tidak focus. Tetap focus pada bisnis yang anda jalani. Buat inovasi pada produk-produk anda dan yang tak kalah pentingnya adalah melakukan marketing dan promosi yang efektif.

4. Setelah anda focus pada satu bisnis online, dan bisnis online anda sudah menghasilkan dan ingin membuat bisnis online yang lain maka ulangi langkah-langkah yang telah anda buat pada bisnis online yang pertama (duplikasi).

Orang biasanya berharap dengan satu bisnis online bisa menghasilkan profit yang tinggi dari situs yang dikelolanya. Tetapi dalam kondisi aktualnya dalam satu bisnis online akan mengalami stagnasi pada posisi profit tertentu dan tidak bisa meningkat lagi. Ketika dalam kondisi seperti ini anda sebaiknya membuat bisnis lain untuk mengembangkan profit dengan cara menduplikasi bisnis online yang pertama.

Buatlah target profit untuk setiap bisnis online yang anda jalankan, dengan profit yang reasonable dan achieveable maka anda bisa membagi setiap keuntungan dari bisnis anda untuk expenses yang anda perlukan. Sebagai contoh profit dari bisnis online pertama untuk menutupi biaya domain dan sewa hosting. Profit dari bisnis kedua untuk biaya operasional, profit dari bisnis ketiga untuk menambah modal dan mengembangkan usaha, profit dari bisnis keempat untuk kebutuhan keluarga, profit dari bisnis kelima untuk pasif income dan seterusnya.
//

One thought on “4 Tip Berbisnis Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s