3 Tempat untuk Menemukan Ceruk Pasar (Niche) Bagi eBook Anda

Pic taken from SeanSEO.Com

Jika anda ingin menulis sebuah ebook, tetapi Anda tidak yakin tentang topik atau ceruk pasar yang akan dibidik?
Salah satu pertanyaan yang timbul ketika akan menulis ebook adalah seberapa besar kompetisi yang sudah ada untuk topic ebook yang akan anda tulis? Sebagai contoh anda memilih topic tentang kiat menurunkan berat badan atau kiat menjadi pesulap sukses, pertimbangan  seberapa besar tingkat permintaan dan persaingan yang telah ada harus menjadi pertimbangan yang serius.

Ada dua aspek yang akan mempengaruhi seberapa bagus ebook anda nantinya akan terjual, yakni Aspek permintaan dan aktivitas membeli yang sudah terbentuk saat ini pada ebook sejenis yang sudah ada di pasaran.

Pertanyaannya sekaran dimana anda bisa menemukan data-data tentang jumlah permintaan dan aktivitas membeli mengenai topic ebook yang akan anda tulis? Untungnya saat ini anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi itu di situs-situs berikut:

  1. Amazon adalah situs terbaik untuk mendapatkan informasi atau data tentang aktivitas pembelian sebuahebook dengan topic sejenis dengan yang akan anda tulis. Mengapa Amazon? Pertama, struktur kategori ebook-ebook mereka dikelompokkan dalam 40 website. Pencarian dalam sebuah kategori akan membuka daftar sub-sub kategori niche tertentu, sehingga memudahkan anda mencari topic atau niche yang anda cari. Di Amazon juga terdapat daftar buku terlaris untuk masing-masing kategori sehingga memudahkan anda untuk mempelajari ebook/buku dari pwnjual terlaris ini.
  2. ClickBank, merupakan salah satu situs terkemuka yang menjual ebook di internet. Dengan jumlah affiliate lebih dari 100.000 yang siap memasarkan ebook-ebook tersebut. Untuk mencari informasi mengenai tingkat penjualan ebook dengan topic atau niche tertentu anda tinggal mengklik kategori dan sub kategori. Dari situ anda pun bisa menemukan peluang dari sub niche tertentu yang anda bisa jadikan topic untuk menuliskan ebook anda.
  3. Situs-situs majalah utama dan jurnal perdagangan dimana anda dapat menemukan dan meneliti topic-topik yang paling popular. Kenapa meneliti situs-situs majalah utama itu? Alasannya adalah situs majalah utama bisanya telah berusia lebih dari dua tahun. Majalah seperti ini biasanya memiliki basis pembaca yang loyal. Dari sini anda bisa mengetahui data dari niche yang bisa anda bidik untuk menuliskan topic ebook anda.

3 thoughts on “3 Tempat untuk Menemukan Ceruk Pasar (Niche) Bagi eBook Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s